Kamis, 04 Agustus 2011

Penjualan Automotif Positif

Thursday, 04 August 2011
JAKARTA– Penjualan sejumlah produsen automotif selama The 19th Indonesia International Motorshow (IIMS) 2011 menunjukkan tren positif. Produsen pun optimistis penjualan tahun ini tak kalah cemerlang dibanding tahun sebelumnya.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy mengatakan, produkproduk terbaru dan promo penjualan istimewa seperti cicilan ringan dan uang muka rendah ikut menjadi daya tarik bagi konsumen Honda di ajang IIMS 2011 .

“Selain jumlah penjualan 1.838 unit,masih ada beberapa ratus unit yang masih dalam proses leasing dan pematangan akan diselesaikan selepas IIMS,” kata Jonfis di Jakarta kemarin.

Pada IIMS 2011, lanjutnya, Honda mengadakan penawaran khusus untuk New Honda Jazz tipe S dan New Honda Freed tipe sliding door dengan berbagai keringanan, yaitu hanya dengan uang muka 20% dan cicilan hanya Rp2,5 juta per bulan selama tiga tahun.

Sementara untuk Honda Freed, Honda CR-V, Honda Odyssey, Honda City, Honda Civic, dan Honda Accord terdapat penawaran khusus,yaitu gratis kaca film V-Kool. Menurutnya, angka penjualan terbesar bagi Honda berasal dari New Honda Jazz yang baru saja meluncurkan model terbarunya sekitar dua bulan sebelum IIMS 2011.

Selain New Honda Jazz, mobil keluarga generasi baru, yaitu Honda Freed, dan SUV andalan Honda, yaitu Honda CRV, juga menjadi pilihan utama para pembeli di gelaran automotif terbesar di Indonesia tersebut. Jonfis menyatakan, HPM segera memasarkan Brio,yakni produk eco car pertamanya di Indonesia.

Kesiapan itu tinggal menunggu izin Honda Motor Company selaku prinsipal global. HPM, kata dia, segera memfinalisasi kajian pemasaran di seluruh kota besar Indonesia. Hasil penelitian itu akan dilaporkan kepada prinsipal.

Saat ini, lanjutnya, basis produksi Brio berada di Thailand. Mobil tersebut masuk kategori small car tapi berteknologi VTEC dan telah dilengkapi air bagserta sarana hiburan multimedia pada interiornya. Untuk mendatangkan Brio dari Thailand sebenarnya bisa menggunakan skema CKD (completely knocked down).

Namun,HPM tak akan terburuburu menempuh strategi pemasaran seperti itu.“Kami memang meminta kepada prinsipal untuk memasarkan Brio di Indonesia.Penelitian sudah dilakukan dan ditargetkan selesai pada Desember 2011. Semua keputusan bergantung pada hasil studi ini,”jelasnya.

Menurut dia, tidak mudah bagi HPM memutuskan untuk memasarkan produknya di Indonesia meskipun model sejenis Brio seperti Nissan March sudah beredar di Indonesia. Terlepas dari itu, Jonfis optimistis pasar mobil kecil dalam beberapa tahun mendatang di Indonesia semakin besar mengingat mobil kecil akan menjadi kebutuhan utama, terutama untuk komunitas perkotaan.

Tingginya penjualan juga dinikmatiPT Toyota AstraMotor (TAM). Pada ajang pameran automotif tersebut, penjualan TAM tercatat mencapai 6.962 unit. Secara nasional, selama bulan Juli TAM pun masih mendominasi dengan penjualan secara whole sales (sampai ke tingkat dealer) mencapai 30.188 unit dan penjualan secara ritel (sampai ke tingkat konsumen) mencapai 30.223 unit.

Dengan jumlah tersebut,Toyota memimpin pasar dengan pangsa sebesar 34,7% secara whole salesdan 38,8% secara ritel. Direktur Pemasaran Toyota AstraMotorJoko Trisanyotomengatakan, peningkatan penjualan Toyota terkait pasokan mobil yang mulai pulih dan permintaan yang masih tinggi. “Kami bahkan belum memasukkan penjualan dari IIMS yang berakhir 31 Agustus,”katanya soal data penjualan Juli 2011.

Joko mengatakan, penjualan mobil secara nasional yang tinggi pada Juli menunjukkan daya beli masyarakat Indonesia masih kuat. Penurunan penjualan pada April sampai Juni,kata dia,terjadi karena pasokan yang terbatas akibat gempa dan tsunami di Jepang. “Jadi ketika pasokan pulih,penjualan langsung tinggi lagi.Apalagi pada Juli tidak ada hari libur sehingga produksi bisa berjalan optimal,” katanya.

Sementara itu, data penjualan automotif selama Juli menunjukkan penjualan mobil secara whole sales menembus angka 86.935 unit, sedangkan secara ritel,penjualan mobil pada Juli mencapai 77.773 unit.

Bila dibandingkan bulan sebelumnya, penjualan mobil pada Juli mengalami lonjakan signifikan karena secara whole sales penjualan pada Juni hanya mencapai 70.157 unit dan secara ritel hanya 70.720 unit. sandra karina/ant
Thursday, 04 August 2011
JAKARTA– Penjualan sejumlah produsen automotif selama The 19th Indonesia International Motorshow (IIMS) 2011 menunjukkan tren positif. Produsen pun optimistis penjualan tahun ini tak kalah cemerlang dibanding tahun sebelumnya.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy mengatakan, produkproduk terbaru dan promo penjualan istimewa seperti cicilan ringan dan uang muka rendah ikut menjadi daya tarik bagi konsumen Honda di ajang IIMS 2011 .

“Selain jumlah penjualan 1.838 unit,masih ada beberapa ratus unit yang masih dalam proses leasing dan pematangan akan diselesaikan selepas IIMS,” kata Jonfis di Jakarta kemarin.

Pada IIMS 2011, lanjutnya, Honda mengadakan penawaran khusus untuk New Honda Jazz tipe S dan New Honda Freed tipe sliding door dengan berbagai keringanan, yaitu hanya dengan uang muka 20% dan cicilan hanya Rp2,5 juta per bulan selama tiga tahun.

Sementara untuk Honda Freed, Honda CR-V, Honda Odyssey, Honda City, Honda Civic, dan Honda Accord terdapat penawaran khusus,yaitu gratis kaca film V-Kool. Menurutnya, angka penjualan terbesar bagi Honda berasal dari New Honda Jazz yang baru saja meluncurkan model terbarunya sekitar dua bulan sebelum IIMS 2011.

Selain New Honda Jazz, mobil keluarga generasi baru, yaitu Honda Freed, dan SUV andalan Honda, yaitu Honda CRV, juga menjadi pilihan utama para pembeli di gelaran automotif terbesar di Indonesia tersebut. Jonfis menyatakan, HPM segera memasarkan Brio,yakni produk eco car pertamanya di Indonesia.

Kesiapan itu tinggal menunggu izin Honda Motor Company selaku prinsipal global. HPM, kata dia, segera memfinalisasi kajian pemasaran di seluruh kota besar Indonesia. Hasil penelitian itu akan dilaporkan kepada prinsipal.

Saat ini, lanjutnya, basis produksi Brio berada di Thailand. Mobil tersebut masuk kategori small car tapi berteknologi VTEC dan telah dilengkapi air bagserta sarana hiburan multimedia pada interiornya. Untuk mendatangkan Brio dari Thailand sebenarnya bisa menggunakan skema CKD (completely knocked down).

Namun,HPM tak akan terburuburu menempuh strategi pemasaran seperti itu.“Kami memang meminta kepada prinsipal untuk memasarkan Brio di Indonesia.Penelitian sudah dilakukan dan ditargetkan selesai pada Desember 2011. Semua keputusan bergantung pada hasil studi ini,”jelasnya.

Menurut dia, tidak mudah bagi HPM memutuskan untuk memasarkan produknya di Indonesia meskipun model sejenis Brio seperti Nissan March sudah beredar di Indonesia. Terlepas dari itu, Jonfis optimistis pasar mobil kecil dalam beberapa tahun mendatang di Indonesia semakin besar mengingat mobil kecil akan menjadi kebutuhan utama, terutama untuk komunitas perkotaan.

Tingginya penjualan juga dinikmatiPT Toyota AstraMotor (TAM). Pada ajang pameran automotif tersebut, penjualan TAM tercatat mencapai 6.962 unit. Secara nasional, selama bulan Juli TAM pun masih mendominasi dengan penjualan secara whole sales (sampai ke tingkat dealer) mencapai 30.188 unit dan penjualan secara ritel (sampai ke tingkat konsumen) mencapai 30.223 unit.

Dengan jumlah tersebut,Toyota memimpin pasar dengan pangsa sebesar 34,7% secara whole salesdan 38,8% secara ritel. Direktur Pemasaran Toyota AstraMotorJoko Trisanyotomengatakan, peningkatan penjualan Toyota terkait pasokan mobil yang mulai pulih dan permintaan yang masih tinggi. “Kami bahkan belum memasukkan penjualan dari IIMS yang berakhir 31 Agustus,”katanya soal data penjualan Juli 2011.

Joko mengatakan, penjualan mobil secara nasional yang tinggi pada Juli menunjukkan daya beli masyarakat Indonesia masih kuat. Penurunan penjualan pada April sampai Juni,kata dia,terjadi karena pasokan yang terbatas akibat gempa dan tsunami di Jepang. “Jadi ketika pasokan pulih,penjualan langsung tinggi lagi.Apalagi pada Juli tidak ada hari libur sehingga produksi bisa berjalan optimal,” katanya.

Sementara itu, data penjualan automotif selama Juli menunjukkan penjualan mobil secara whole sales menembus angka 86.935 unit, sedangkan secara ritel,penjualan mobil pada Juli mencapai 77.773 unit.

Bila dibandingkan bulan sebelumnya, penjualan mobil pada Juli mengalami lonjakan signifikan karena secara whole sales penjualan pada Juni hanya mencapai 70.157 unit dan secara ritel hanya 70.720 unit. sandra karina/ant
thumbnail
Judul: Penjualan Automotif Positif
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Otomotif :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz