Jumat, 11 Mei 2012

Perbandingan Konsumsi BBM Hatchback Matik

Jakarta - Rencana Pemerintah akan menghapus bensin bersubsidi bulan April di DKI Jakarta, kemacetan lalu lintas yang makin parah dan jumlah kendaraan bermotor tinggi, bukan berarti warga ibukota harus menunda beli mobil.

Mobil irit bahan bakar, mungil dan fleksibel, sangat mungkin jadi solusi terbaik saat ini. Yup, hatchback transmisi otomatis (A/T) pilihannya.

Bicara tren, belakangan ini  low hatchback sedang in. Di dalam negeri, mobil ini paling laris setelah kategori MPV. Dari data Gaikindo, penjualan hatchback (non-sedan)  2010 meningkat 55% dibanding 2009. Khusus di segmen low hatchback  ini, mendominasi pasar sebanyak 78% dari total hatchback (low, medium dan high).

Nah, dari 10 varian yang telah dipasarkan, mana yang cocok buat ‘teman’ beraktivitas Anda saat ini. Tentunya yang irit bahan bakar dan tetap bertenaga.

Toyota Yaris

Bermesin 1NZ-FE 1.500 cc VVT-i dan bodi mungilnya, Yaris cukup digemari oleh anak-anak muda, khususnya di perkotaan. “Permintaan Yaris di 2010 meningkat 95% dibanding 2009,” ujar Widyawati, GM marketing planning & customer relation PT Toyota Astra Motor, ATPM Toyota.

Untuk tipe transmisi matiknya, tersedia mulai tipe J, E sampai S (tipe tertinggi). Alhasil, konsumen dikasih alternatif tipe cukup lengkap. Tingggal sesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

All New Honda Jazz

Inilah sang penguasa hatchback Tanah Air. Desain bodi yang sporty, jadi nilai lebih pemiliknya. Meski mesinnya masih SOHC, namun karena mengusung teknologi i-VTEC membuat mesinnya responsif dan bertenaga.

Meski begitu, dari hasil tes, Jazz termasuk hatchback teririt (lihat tabel). Pilihan bertransmisi matik ada dua tipe; S dan RS. Keduanya berbeda fitur. Sebut saja dual SRS airbag, keyless entry, ukuran pelek dan sebagainya.

Nissan Livina XR

Setelah Nissan Grand Livina diluncurkan, model hatchback dilansir pula PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Kelebihan Livina XR ada pada suspensinya yang empuk dan memiliki kestabilan yang cukup mumpuni.

Karena sudah adopsi katup variabel, Livina cukup resonsif di putaran bawah. Sangat cocok buat di jalan perkotaan. Konsumsi bahan bakarnya, tak berbeda jauh dengan Honda All New Jazz. NMI hanya sediakan satu tipe; Livina XR A/T. Selain itu, ada pula varian Livina X-Gear yang hanya ditambahi aksesori layaknya mobil crossover.

Suzuki Swift

Lewat desain bodi, hatchback Suzuki ini banyak disukai lantaran seksi dan kompak ketimbang lainnya. Terlebih desainnya sangat kental dengan gaya mobil-mobil Eropa.

Bicara performa, Swift enggak kalah dengan Yaris maupun All New Jazz. Malah pada kecepatan 0-100 km/jam, Swift sanggup asapi Yaris. Tapi, di putaran menengah dan atas, khususnya yang transmisi matik, tenaga kurang menonjol.

Pilihannya, Swift ST dan GT3 yang mempunyai perbedaan di sektor bodi. GT3 sudah gunakan body kit versi ATPM dan penggunaan lampu LED di fog lamp-nya.

Hyundai i20

Lewat i20 bisa dibilang menarik karena desain khas Eropanya. Lekukan bodi depan, samping hingga belakang membuat orang tertarik. Sayang, brand belum sekuat Jepang.

Namun, performa mesin 1.400 cc 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC dan CVVT, membuatnya tak kalah bersaing dengan engine 1.500 cc. Bahkan, bicara akselerasi di 0-100 km/jam, i20 bisa ungguli pesaingnya macam Yaris, Livina dan Swift.

Karena mesinnya kecil, konsumsinya pun bisa lebih irit dari hatchback Jepang. i20 matik ditawarkan 2 tipe, GL dan SG (tipe tertinggi) dengan perbedaan pada aksesori dan fitur.

Daihatsu Sirion

Patut diperhitungkan terlebih desain barunya yang terdapat peremajaan (facelift) dalam bentuk aero kit sehingga Sirion tampil lebih sporty dan elegan.

Khusus yang suka sporti bisa pilih Sirion tipe Drift, sedangkan yang mau penampilan elegan disediakan Sirion Femme. Tapi kalau punya budget minim, Daihatsu masih suguhkan tipe standar matiknya. Sirion sangat pas diajak bermanuver di perkotaan. Apalagi dibekali mesin 1.300 cc 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC dan VVT-i, yang tak terlalu mubazir dipakai di perkotaan.

Mazda 2

Diluncurkan November 2009, Mazda2 jadi alternatif baru. Berkat desain yang unik, mungil namun sporty, membuat Mazda2 jadi backbone penjualan Mazda di Indonesia sepanjang 2010.

Engine MZR 1.500 cc, 4 silinder segaris, 16 katup DOHC dan S-VT (Sequential Variable Timing) dan ETC (Electronic Throttle Control)-nya, buat tenaga dan responsif tapi tetap hemat bahan bakar.

Dari hasil tes, diperoleh akselerasi merata di setiap kecepatan rendah, menengah dan tinggi. Namun, konsumsi tak terlalu spesial dari pesaingnya yang sama-sama mengusung mesin 1.500 cc. Terdapat tipe S dan R dengan perbedaan harga Rp 18 juta.

New KIA Pride

Produk asal negeri Gingseng, Kia New Pride ini pun boleh jadi pilihan kala Anda inginkan hatchback matik terjangkau tapi tetap pentingkan desain dan performa.
    
Bermesin 1.400 cc 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, New Pride punya akselerasi di 40-80 km/jam tercepat dari 9 pesaingnya. Tapi, dia termasuk peminum bensin cukup banyak. Pilihannya, Kia hanya menyediakan satu tipe; New Pride A/T.

Ford Fiesta

Setelah muncul pertama kali di IIMS 2010, sosoknya seakan menghipnotis peminat hatchback Tanah Air. Selain desain kinetic-nya yang mempesona, juga suguhan fitur-fitur yang teratas di kelasnya.

Bicara akselerasi saat pengetesan Fiesta S A/T bermesin 1.600 cc 4 silinder, 16 katup, DOHC TI-VCT bertransmisi matik 6 speed, setara dengan All New Jazz. Pun begitu soal konsumsi bensin juga bersaing dengan mesin 1.500 cc.

Urusan tipe, Fiesta bertransmisi matik tersedia dua pilihan mesin; 1.400 cc dan 1.600 cc. Persisnya, Fiesta Trend 1.4L A/T dan Fiesta Sport 1.6L A/T. Tipe tertingginya salah satunya sudah dilengkapi fitur voice command.

Nissan March

Kecil-kecil cabe rawit. Maksudnya dengan dimensinya termungil dari pesaingnya namun bukan berarti dipandang sebelah mata.

Calon penghuni kategori city  hatchback bersama All New Chevy Spark dan Suzuki Splash ini cocok sekali buat kondisi lalu lintas di perkotaan yang macet. Namun lantaran hanya mengusung mesin 1.200 cc 3 silinder segaris, 12 katup, DOHC, performa mesin March tak dominan terhadap kompetitor 1.500 cc.

Tapi, kalau Anda butuh mobil buat membelah kemacetan di tengah kota, March pilihan tepat. Apalagi konsumsi bensinnya paling irit di kelasnya. Nissan sediakan dua tipe  transmisi otomatis. Yakni, March A/T standar dan March XS A/T.

Lengkapnya, silakan pantengin tabel dibawah: (mobil.otomotifnet.com)

 Perbandingan Hasil Tes Hatchback Matik (A/T)          
   Yaris  New Jazz  Livina XR  Swift  i20  Sirion Mazda2  Pride  Fiesta  March
 Kapasitas Mesin (cc)  1.500  1.500  1.500  1.500  1.400  1.300  1.500  1.400  1.600  1.200
 Konsumsi Bensin                    
 Dalam kota (km/liter)  11,3  12,5  12  12  12  10  11,4  10,2  12  12,4
 Konstan 100 km/jam 
 (km/liter)
 15  19,5  19  15  17  15,2  15  15,3  19,2  20,1
 Luar kota (km/liter)  13  15  14  12,8  14,9  12  13,8  12,9  15  14,8
 Akselerasi                    
 0-100 km/jam (detik)  13,41  10,7  13,6  12,8  12,2  14,9  12,4  16,1  10,9  18,2
 40-80 km/jam (detik)  5,5  4,5  5,6  5,7  5,2  6  5,5  4,1  5,7  7,05
 0-402 meter (detik)  18,9  17,5  19,2  19,1  18,4  19,5  18,8  20,6  17,8  21,4

Penulis : Tim OTOMOTIF • Teks Editor : Bagja • Foto : Tim Otomotif
Jakarta - Rencana Pemerintah akan menghapus bensin bersubsidi bulan April di DKI Jakarta, kemacetan lalu lintas yang makin parah dan jumlah kendaraan bermotor tinggi, bukan berarti warga ibukota harus menunda beli mobil.

Mobil irit bahan bakar, mungil dan fleksibel, sangat mungkin jadi solusi terbaik saat ini. Yup, hatchback transmisi otomatis (A/T) pilihannya.

Bicara tren, belakangan ini  low hatchback sedang in. Di dalam negeri, mobil ini paling laris setelah kategori MPV. Dari data Gaikindo, penjualan hatchback (non-sedan)  2010 meningkat 55% dibanding 2009. Khusus di segmen low hatchback  ini, mendominasi pasar sebanyak 78% dari total hatchback (low, medium dan high).

Nah, dari 10 varian yang telah dipasarkan, mana yang cocok buat ‘teman’ beraktivitas Anda saat ini. Tentunya yang irit bahan bakar dan tetap bertenaga.

Toyota Yaris

Bermesin 1NZ-FE 1.500 cc VVT-i dan bodi mungilnya, Yaris cukup digemari oleh anak-anak muda, khususnya di perkotaan. “Permintaan Yaris di 2010 meningkat 95% dibanding 2009,” ujar Widyawati, GM marketing planning & customer relation PT Toyota Astra Motor, ATPM Toyota.

Untuk tipe transmisi matiknya, tersedia mulai tipe J, E sampai S (tipe tertinggi). Alhasil, konsumen dikasih alternatif tipe cukup lengkap. Tingggal sesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

All New Honda Jazz

Inilah sang penguasa hatchback Tanah Air. Desain bodi yang sporty, jadi nilai lebih pemiliknya. Meski mesinnya masih SOHC, namun karena mengusung teknologi i-VTEC membuat mesinnya responsif dan bertenaga.

Meski begitu, dari hasil tes, Jazz termasuk hatchback teririt (lihat tabel). Pilihan bertransmisi matik ada dua tipe; S dan RS. Keduanya berbeda fitur. Sebut saja dual SRS airbag, keyless entry, ukuran pelek dan sebagainya.

Nissan Livina XR

Setelah Nissan Grand Livina diluncurkan, model hatchback dilansir pula PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Kelebihan Livina XR ada pada suspensinya yang empuk dan memiliki kestabilan yang cukup mumpuni.

Karena sudah adopsi katup variabel, Livina cukup resonsif di putaran bawah. Sangat cocok buat di jalan perkotaan. Konsumsi bahan bakarnya, tak berbeda jauh dengan Honda All New Jazz. NMI hanya sediakan satu tipe; Livina XR A/T. Selain itu, ada pula varian Livina X-Gear yang hanya ditambahi aksesori layaknya mobil crossover.

Suzuki Swift

Lewat desain bodi, hatchback Suzuki ini banyak disukai lantaran seksi dan kompak ketimbang lainnya. Terlebih desainnya sangat kental dengan gaya mobil-mobil Eropa.

Bicara performa, Swift enggak kalah dengan Yaris maupun All New Jazz. Malah pada kecepatan 0-100 km/jam, Swift sanggup asapi Yaris. Tapi, di putaran menengah dan atas, khususnya yang transmisi matik, tenaga kurang menonjol.

Pilihannya, Swift ST dan GT3 yang mempunyai perbedaan di sektor bodi. GT3 sudah gunakan body kit versi ATPM dan penggunaan lampu LED di fog lamp-nya.

Hyundai i20

Lewat i20 bisa dibilang menarik karena desain khas Eropanya. Lekukan bodi depan, samping hingga belakang membuat orang tertarik. Sayang, brand belum sekuat Jepang.

Namun, performa mesin 1.400 cc 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC dan CVVT, membuatnya tak kalah bersaing dengan engine 1.500 cc. Bahkan, bicara akselerasi di 0-100 km/jam, i20 bisa ungguli pesaingnya macam Yaris, Livina dan Swift.

Karena mesinnya kecil, konsumsinya pun bisa lebih irit dari hatchback Jepang. i20 matik ditawarkan 2 tipe, GL dan SG (tipe tertinggi) dengan perbedaan pada aksesori dan fitur.

Daihatsu Sirion

Patut diperhitungkan terlebih desain barunya yang terdapat peremajaan (facelift) dalam bentuk aero kit sehingga Sirion tampil lebih sporty dan elegan.

Khusus yang suka sporti bisa pilih Sirion tipe Drift, sedangkan yang mau penampilan elegan disediakan Sirion Femme. Tapi kalau punya budget minim, Daihatsu masih suguhkan tipe standar matiknya. Sirion sangat pas diajak bermanuver di perkotaan. Apalagi dibekali mesin 1.300 cc 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC dan VVT-i, yang tak terlalu mubazir dipakai di perkotaan.

Mazda 2

Diluncurkan November 2009, Mazda2 jadi alternatif baru. Berkat desain yang unik, mungil namun sporty, membuat Mazda2 jadi backbone penjualan Mazda di Indonesia sepanjang 2010.

Engine MZR 1.500 cc, 4 silinder segaris, 16 katup DOHC dan S-VT (Sequential Variable Timing) dan ETC (Electronic Throttle Control)-nya, buat tenaga dan responsif tapi tetap hemat bahan bakar.

Dari hasil tes, diperoleh akselerasi merata di setiap kecepatan rendah, menengah dan tinggi. Namun, konsumsi tak terlalu spesial dari pesaingnya yang sama-sama mengusung mesin 1.500 cc. Terdapat tipe S dan R dengan perbedaan harga Rp 18 juta.

New KIA Pride

Produk asal negeri Gingseng, Kia New Pride ini pun boleh jadi pilihan kala Anda inginkan hatchback matik terjangkau tapi tetap pentingkan desain dan performa.
    
Bermesin 1.400 cc 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, New Pride punya akselerasi di 40-80 km/jam tercepat dari 9 pesaingnya. Tapi, dia termasuk peminum bensin cukup banyak. Pilihannya, Kia hanya menyediakan satu tipe; New Pride A/T.

Ford Fiesta

Setelah muncul pertama kali di IIMS 2010, sosoknya seakan menghipnotis peminat hatchback Tanah Air. Selain desain kinetic-nya yang mempesona, juga suguhan fitur-fitur yang teratas di kelasnya.

Bicara akselerasi saat pengetesan Fiesta S A/T bermesin 1.600 cc 4 silinder, 16 katup, DOHC TI-VCT bertransmisi matik 6 speed, setara dengan All New Jazz. Pun begitu soal konsumsi bensin juga bersaing dengan mesin 1.500 cc.

Urusan tipe, Fiesta bertransmisi matik tersedia dua pilihan mesin; 1.400 cc dan 1.600 cc. Persisnya, Fiesta Trend 1.4L A/T dan Fiesta Sport 1.6L A/T. Tipe tertingginya salah satunya sudah dilengkapi fitur voice command.

Nissan March

Kecil-kecil cabe rawit. Maksudnya dengan dimensinya termungil dari pesaingnya namun bukan berarti dipandang sebelah mata.

Calon penghuni kategori city  hatchback bersama All New Chevy Spark dan Suzuki Splash ini cocok sekali buat kondisi lalu lintas di perkotaan yang macet. Namun lantaran hanya mengusung mesin 1.200 cc 3 silinder segaris, 12 katup, DOHC, performa mesin March tak dominan terhadap kompetitor 1.500 cc.

Tapi, kalau Anda butuh mobil buat membelah kemacetan di tengah kota, March pilihan tepat. Apalagi konsumsi bensinnya paling irit di kelasnya. Nissan sediakan dua tipe  transmisi otomatis. Yakni, March A/T standar dan March XS A/T.

Lengkapnya, silakan pantengin tabel dibawah: (mobil.otomotifnet.com)

 Perbandingan Hasil Tes Hatchback Matik (A/T)          
   Yaris  New Jazz  Livina XR  Swift  i20  Sirion Mazda2  Pride  Fiesta  March
 Kapasitas Mesin (cc)  1.500  1.500  1.500  1.500  1.400  1.300  1.500  1.400  1.600  1.200
 Konsumsi Bensin                    
 Dalam kota (km/liter)  11,3  12,5  12  12  12  10  11,4  10,2  12  12,4
 Konstan 100 km/jam 
 (km/liter)
 15  19,5  19  15  17  15,2  15  15,3  19,2  20,1
 Luar kota (km/liter)  13  15  14  12,8  14,9  12  13,8  12,9  15  14,8
 Akselerasi                    
 0-100 km/jam (detik)  13,41  10,7  13,6  12,8  12,2  14,9  12,4  16,1  10,9  18,2
 40-80 km/jam (detik)  5,5  4,5  5,6  5,7  5,2  6  5,5  4,1  5,7  7,05
 0-402 meter (detik)  18,9  17,5  19,2  19,1  18,4  19,5  18,8  20,6  17,8  21,4

Penulis : Tim OTOMOTIF • Teks Editor : Bagja • Foto : Tim Otomotif
thumbnail
Judul: Perbandingan Konsumsi BBM Hatchback Matik
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Otomotif :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz