Jumat, 15 Juli 2011

Nasib calon mobil murah di Indonesia Daihatsu F-Concept

Nasib calon mobil murah di Indonesia milik Daihatsu, F-Concept masih terombang-ambing akibat ketidaktegasan pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan mobil murah.

Pemerintah yang menjanjikan akan mengeluarkan sebuah kebijakan mobil murah untuk mendorong masyarakat miskin dan masyarakat pedesaan untuk memiliki mobil hingga saat ini tidak kunjung merealisasikan janjinya.

"Kami masih menunggu, tergantung pemerintah," ujar Head Domestic Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor Elvina Afni di sela-sela test drive Terios di Bantul, Yogyakarta.

Kebijakan pemerintah untuk memberikan insentif bagi produsen mobil yang bisa membuat mobil murah menurut Elvina sangat penting untuk dapat menekan harga jual F-Concept nanti sehingga masyarakat pun dapat dengan mudah memilikinya.

Selain itu Daihatsu menurut Elvina juga masih melakukan study pasar F-Concept sambil menunggu ketegasan pemerintah dalam merealisasikan janjinya itu.

"Nah kedua hal tadi, kebijakan pemerintah dan hasil study pasar menjadi dua faktor utama penentu. Keduanya saling berkesinambungan dan paralel. Satu tidak jalan, susah," tandasnya.

F-Concept sendiri merupakan cikal bakal mobil murah Indonesia yang desainernya orang Indonesia. Mobil ini memiliki F-Concept dimensi 2.925X1.295X1690 mm (PXLXT) dengan sumbu roda 1.840 mm dengan kapasitas tempat duduk hanya untuk dua orang.

Dimensi mobil konsep Daihatsu F-Concept yang mungil, dianggap mirip-mirip atau tidak berbeda jauh dengan mobil buatan nasional seperti Tawon ataupun GEA.

Menanggapi hal tersebut, PT Astra Daihatsu Motor, melalui CEO Astra International-Daihatsu Sales Operation, Suparno Djasmin, memilih untuk tidak berkomentar.

"No comment dulu lah, itu kan masih konsep, nanti ada saatnya masyarakat mengetahui seperti apa," ujarnya di Jakarta.

Namun, Suparno mengatakan, kalau Daihatsu F-Concept jelas berbeda dengan mobil garapan nasional, karena mulai dari desain dan rancang bangunnya benar-benar dibuat di Indonesia.

"Kalau mobnas kan belum tentu, bisa saja mereka cuma ganti label saja, beberapa komponennya belum murni dibuat di sini (Indonesia)," tegasnya.

Sedangkan Daihatsu F-Concept, sambung Suparno, secara total memang akan dibuat di Indonesia, termasuk seluruh komponennya pun didatangkan juga dari Indonesia.

Sementara untuk dapur pacunya, Daihatsu memberikan mesin 660 cc dengan 3 silinder segaris OHC untuk diaplikasikan ke F-Concept. Mobil ini sebenarnya cocok untuk wilayah pertanian Indonesia. Syubhan Akib - detikOto
Nasib calon mobil murah di Indonesia milik Daihatsu, F-Concept masih terombang-ambing akibat ketidaktegasan pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan mobil murah.

Pemerintah yang menjanjikan akan mengeluarkan sebuah kebijakan mobil murah untuk mendorong masyarakat miskin dan masyarakat pedesaan untuk memiliki mobil hingga saat ini tidak kunjung merealisasikan janjinya.

"Kami masih menunggu, tergantung pemerintah," ujar Head Domestic Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor Elvina Afni di sela-sela test drive Terios di Bantul, Yogyakarta.

Kebijakan pemerintah untuk memberikan insentif bagi produsen mobil yang bisa membuat mobil murah menurut Elvina sangat penting untuk dapat menekan harga jual F-Concept nanti sehingga masyarakat pun dapat dengan mudah memilikinya.

Selain itu Daihatsu menurut Elvina juga masih melakukan study pasar F-Concept sambil menunggu ketegasan pemerintah dalam merealisasikan janjinya itu.

"Nah kedua hal tadi, kebijakan pemerintah dan hasil study pasar menjadi dua faktor utama penentu. Keduanya saling berkesinambungan dan paralel. Satu tidak jalan, susah," tandasnya.

F-Concept sendiri merupakan cikal bakal mobil murah Indonesia yang desainernya orang Indonesia. Mobil ini memiliki F-Concept dimensi 2.925X1.295X1690 mm (PXLXT) dengan sumbu roda 1.840 mm dengan kapasitas tempat duduk hanya untuk dua orang.

Dimensi mobil konsep Daihatsu F-Concept yang mungil, dianggap mirip-mirip atau tidak berbeda jauh dengan mobil buatan nasional seperti Tawon ataupun GEA.

Menanggapi hal tersebut, PT Astra Daihatsu Motor, melalui CEO Astra International-Daihatsu Sales Operation, Suparno Djasmin, memilih untuk tidak berkomentar.

"No comment dulu lah, itu kan masih konsep, nanti ada saatnya masyarakat mengetahui seperti apa," ujarnya di Jakarta.

Namun, Suparno mengatakan, kalau Daihatsu F-Concept jelas berbeda dengan mobil garapan nasional, karena mulai dari desain dan rancang bangunnya benar-benar dibuat di Indonesia.

"Kalau mobnas kan belum tentu, bisa saja mereka cuma ganti label saja, beberapa komponennya belum murni dibuat di sini (Indonesia)," tegasnya.

Sedangkan Daihatsu F-Concept, sambung Suparno, secara total memang akan dibuat di Indonesia, termasuk seluruh komponennya pun didatangkan juga dari Indonesia.

Sementara untuk dapur pacunya, Daihatsu memberikan mesin 660 cc dengan 3 silinder segaris OHC untuk diaplikasikan ke F-Concept. Mobil ini sebenarnya cocok untuk wilayah pertanian Indonesia. Syubhan Akib - detikOto
thumbnail
Judul: Nasib calon mobil murah di Indonesia Daihatsu F-Concept
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Otomotif :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz